Wajib Tahu! Inilah Startup Penyedia Jasa Losgistik di Indonesia

Kemungkinan anda masih banyak yang tidak tahu, apa itu startup merupakan sebuah kata bahasa Inggris yang artinya bertindak atau memulai organisasi ataupun usaha baru. Dimana perusahaan-perusahaan yang baru saja memulai. Hal itu adalah sebagian besar dari perusahaan yang merintis untuk mengembangkan usahanya dan termasuk dalam masa perkembangan meneliti utnuk bisa memasarkan dengan tepat.

Apabila Anda ingin membuat startup baru berupa e-commerce, Anda harus mengetahui kendala sebelum mencoba membuka sebuah usaha layanan logistik. Dimana kendala yang akan dihadapi bagi ingin memulai bisnis ini adalah karena di negara kita merupakan negara kepulauan. Selain hal pembayaran adalah masalah logistik. Salah satunya yaitu Tokopedia yang menyatakan telah mengirim tiap bulnannya sekitar 6 juta produk.

Situasi seperti itu, tidak heran jika beberapa perusahan logistik besar lainnya berkembang dengan pesat dan meningkat di tanah air. Logistik-logistik itu seperti TiKi, JNE, First Logistics dan lain-lainnya. Meski tidak banyak, masalah ini menjadi memicu betambahnya sejumlah startup teknologi dalam penyedia pelayanan logistik Indonesia.

Berikut Startup Teknologi di Bidang Logistik Sukses

Untuk dapat menjalani sebuah perusahaan startup teknologi untuk bidang logistik, pastikan anda mengetahui target pasaran dengan tepat. Apabila perusahaan yang Anda mulai sudah berkembang dengan pesat, maka Anda pun akan menuai keuntungan-keuntungan yang didapat. Meski terdapat kendala untuk memulai bisnis e-commerce di Indonesia ini. Inilah startup teknologi bidang logistik tersukses di Indonesia:

  • GO-JEK

GO-JEK

Tentunya Anda sudah tahu, Starup ini memang sering digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya penyedia transportasi ojek saja. Go-Jek sendiri pun juga memberikan pelayanan dalam mengirimkan barang yang diberikan nama Instant Courier. Dimana layan itu dapat digunakan hanya di kota besar saja, seperti Bali, Makassar, Jakarta, Surabaya, dan Bali.

  • Westbikemessenger

Westbikemessenger

Ini merupakan salah satu dari starup teknologi, yang disingkat dengan WMS, memang terndengar asing di telinga kita. Tetapi, ada keunikan dari WMS ini yang menyediakan logistk dengan menggunakan sepeda yang berjenis fixed-gear. Sebelumnya, WMS sendiri adalah komunitas bagi para pecinta sepeda fixed-gear.  Yang mana sebagian anggotanya memiliki ide untuk menjalani sebuah layanan kurir dengan bermodalkan sepeda.

Sampai saat ini, layanan kurir WMS masih tetap bertahan dan hanya 15 pengendara yang mereka sebut dengan Rider siap kirimkan paket di seluruh jakarta.

  • aCommerce

aCommerce

Startup yang satu ini dasarnya adalah sebuah layanan e-commerce, yang bermula dari warehouse, fulfillment dan termasuk layanan logistik. Maka bisa dikatakan bahwa aComemerce ini adalah sebuah bidang kasa logistik dalam bentuk B2B. Dimana perusahaan logistik ini sudah digunakan oleh situs e-cmommerce seperti, MatahariMall, BerryaBenka dan MAP EMALL.

Cara Mengembangkan Startup di Bidang Logistik

Perusahan startup saat ini sudah banyak dijalani di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Hal yang menarik dalam bisnis Starup sekarang ini, dikembangkan oleh genarasi muda yang memiliki target pemasaran dan penguasaan teknologi dengan mahir. Ketika dulu apabila anak muda meningkatkan bisnis startup, seorang yang sudah dewasa menjadikan sebuah kebanggan sendiri.

Untuk memulai startup, Rizki merupakan mahasiswa semester IV yang mengambil bidang Teknik Informatika. Seperti yang dibuat oleh Muhammad Rizki Habibi yaitu founder Cakra Theraphy Austim, yang berupa starup di sebuah aplikasi terapi bagi anak autis.

“Sejak saya melihat terapi anak yang memiliki kebutuhan khusus dengan biaya yang mahal, padahal tidak banyak anak-anak yang brasal dari keluarga yang mampu. Maka dari situ, saya berniat untuk bisa membantu mereka. Apalagi saya mengambil jurusan teknik Informatika yang membuat saya harus mencoba menghubungkan ilmu yang sudah saya pelajari,” ujarnya.

Untuk menyelasaikan aplikasi Cakra pada generasi pertama, hanya butuh tiga tahun untuk Rizky dan tiga teman lainnya. Mereka pun telah mendapatkan sebuah penghargaan dari Mandiri Young Prenurship, dimana aplikasi Cakra tersebut sudah menggaet banyak penghargaan lainnya. Dan menjadikan aplikasi mereka sebagai juara I dalam kategori World Citizenship Indonesia.