Mempermudah Pengguna Laporan Pajak, Sleekr Kerjasama Dengan OnlinePajak

Di tanggal 29 Agustus 2017, statrup manajemen sumber daya manusia dan Sleekr selaku akutansi online telah berkerjasama dengan onlinePajak. Dalam menciptkan wadah agar dapat membantu masyarkat untuk bisa melakukan pembayaran dan pelaporan pajak. Berkat kerja sama ini, pengguna Sleekr HR dan Sleek Accounting untuk saat ini sudah dapat melakukan laporan pajak dengan langsung di wadah yang disediakan.

Dengan hal tersebut karena perusahaan yang sudah menggunakan  Sleekr HR, maka akan terkirim secara langsung ke OnlinePajak. Proses berikutnya terhubung dengan otomatis langsung ke kantor pajak, wajib bagi sebuah perusahaan untuk memberikan laporan Pajak Penghasilan (PPh) 21. Sementara, dalam penggunaan Sleekr Accounting, mempermudah memberikan laporan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Dimana dengan menggunakan Sleekr Accounting, perusahaan dapat berhubungan langsung dengan OnlinePajak. Suwandi Soh selakui CEO Sleekr mengatakan, ide dalam kerjasama ini banyak berdatangan dari pengguna sendiri. Yang mana kebanyakan perusahaan mengeluhkan proses pelaporan pajak yang lumayan sulit.

“Sudah lama, mereka hanya mengeluarkan data dari Sleekr dan membayarkan kewajibannya dalam pelaporan pajak dengan cara terpisah. Hal itu, hanya membuang waktu, serta terdapat banyak kesalahan,” tegas Suwandi.

Suwandi sendiri pun, mengakui bahwa pembicaraan mengenai kerja sama ini sebenarnya sudah lama sejak 2016 lalu. Tetapi kedua starup baru saja memulai dalam pengembangannya dalam bentuk kerjasama di bulan Mei 2017 lalu.

pajak online

penandatangan kerjasama pajak online

Tidak Begitu Wow Dalam Kerjasama Ini

Charles Guinot selaku Founder dan CEO OnlinePajak yang berkejasama dengan Sleekr ini, tidak memiliki kesan yang mewah. Dengan begitu, dia telah membuka peluang bagi para startup lain untuk melakukan kerja sama.

“Kami pun, sebelumnya sempat bekerjasama dengan e-commerce B2B Bizzy, sampai terbentuknya manajemen akutansi Xero,” ucap Guinot kepada media Indonesia.

Sleekr adalah starup Software as a Service atau yang disingkar dengan SaaS untuk HR dan akutansi, diresmikan di tahun 2014. sekarang ini, Sleekr sendiri adalah bagian Midplaza Holding yang bernaung di bisnis Ayana Hotel. Sampai dengan perusahaan dibidang teknologi yaitu Midtrans dan juga Biznet.

Sementara OnlinePajak merupakan platform yang mempermudah masyarkat dalam hal membayar, menghitung, melaporkan PPh 21, PPh23, serta PPN. Layanan itu pun dihadirkan dengan gratis dan akan dikenakan biaya jika pengguna berkeinginan menggunakan data-data perpajakan tersebut dalam bentuk tagian (invoice) atau gaji. Diresmikan layanan tersebut pada Juli 2015 silam, OnlinePajak kini sudah dapat terhubng dengan sistem e-Billing dan e-Filling yang langsung ke kantor pajak.

Mereka pun mengatakan sudah memiliki lebih dari 200 ribu pengguna aktif, dan telah bekerjasama dengan perusahaan besar lainnya. Seperti, Astra Otoparts, GO-JEK, Tokopedia, Telkomsel, serta Huawei. Hal itu pun menjadi daya tarik yang ditung-tunggu dalam kerja sama ini yang dapat mendorong Sleekr dalam bersaing dengan pesaingnya seperti Gadjian dan Talenta pada bidang HR. Dan juga Jurnal dan Xero pada bisnis layanan akutansi.

sri mulyani

sri mulyani berada di atas panggung

Jadi Ini Pentingnya Bayar Pajak

Pajak merupakan penghasilaan negara, yang digunakan dalam membangun daerah ataupun wilayah di Indonesia. Maka dari itu, warga negara yang baik tentunya akan mematuhi dalam hal membayar pajak. Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengatakan sebagian orang tidak membayakan kewajubannya dalam membayar pajak. Yang kebanyakan orang tidak mengetahui uang pajak itu dipakai untuk apa.

Justru, dengan menerima pajak yang mencukupi dapat berbagai hal untul melakukan sesuatu bagi negara. Lalu kemudian dia menjelaskan dalam menerima Rp 1 triliun pajak. Yang mana dapat berperan di beberapa sektor untuk meningkatan kesejahteraan dan keadilan masyarakat.